Fakultas Teknik

Kimia Organik merupakan salah satu mata kuliah dasar keahlian, dengan tujuan agar mahasiswa dapat memahami berbagai fenomena organik dan keberadaannya pada makhluk hidup. Disamping itu juga mmebrikan aspek kimiawi dari senyawa-senyawa organik, sehingga akan melengkapi gambaran fenomea kehidupan yang diperoleh mahasiswa.

Sistem berkas adalah suatu sistem untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan data dari file tertentu dan organisasi file yang digunakan.Sistem berkas menyediakan pendukung yang memungkinkan programmer mengakses file tanpa menyangkut perincian karakteristik penyimpanan dan peralatan pewaktu. Sistem berkas mengubah pernyataan akses file menjadi instruksi/output level rendah.

Sistem Berkas 7B

perkuliahan sistem digital adalah pembelajaran dasar sistem analog dan digital disertai pengembangan teknologi digital

Perkuliahan Artificial  Intelligence adalah pembelajaran tentang kecerdasan sebuah alat agar mendekati kecerdasan manusia, ditemukan banyak metode yang memberikan solusi terhadap data dan fakta di object penelitian

Matematika Diskrit merupakan ilmu dasar dalam pembelajaran Informatika, karena pada dasarnya informatika adalah kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang mengolah objek diskrit.  Matematika diskrit memberikan landasan matematis untuk matakuliah Algoritma, Struktur data, Basis data,  jaringan komputer, keamanan komputer dan sebagainya. Materi dalam matakuliah ini adalah Teori Himpunan, Relasi dan Fungsi, Teori Graf, Tree.


Mata kuliah Bahasa Inggris ini adalah bagian dari MKDU yang mencakup pembahasan tentang konsep pembelajaran dan keterampilan dasar Bahasa Inggris. Konsep teoritis dan praktis dalam pembelajaran Bahasa Inggris secara lisan dan tulisan yang merujuk pada English for Specific Purposes (ESP) dalam bidang keilmuan. Secara teori mengenai struktur bahasa, kalimat dan kosakata Bahasa Inggris. Secara praktik  mencakup kemampuan berkomunikasi (Communicative Function)  secara lisan dan tulisan serta memahami teks bacaan Bahasa Inggris dalam bidang keilmuan secara umum. Dengan mengikuti mata kuliah Bahasa Inggris mencakup empat keterampilan dasar Bahasa Inggris yaitu menyimak (Listening), berbicara (Speaking), membaca bacaan/ teks (Reading), menulis (Writing) dalam bahasa Inggris secara sederhana.

Metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah
adalah cara yang rasional, empiris dan sistematis. Berdasarkan jenis data dan analisis terdapat tiga macam metode
yaitu metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi